Tips Membuat Puisi Cinta

Buat puisi Cinta – Assalamu’alaikum sobat blogger penyuka sastra puisi dan syair, bagaimana kabarnya? Kali ini saya akan memberikan tips untuk kamu cara membuat puisi cinta.

Kalau dilihat dari perkembangannya tema cinta sangat dominan pada sastra puisi dan syair begitupun dalam cerpen kisah dan drama. Tapi saya rasa untuk membuat puisi sangat mudah, karena keumuman dari remaja-remaja lebih familiar ketika menggungkapn isi hati nya di buku diare ya ujung-ujungnya kalimatnya berprosa-prosa.

Pun sama dengan membuat puisi cinta, walau berbeda cara antara satu dengan yang lainnya. Kalau saya pribadi cara membuat puisi cinta mempunyai beberapa tahapan:

1,  Mencari inspirasi

Kadang menjadi iri kalau ada puisi yang bagus dari orang lain, baitnya bersajak-sajak dan kata-kata penuh pilihan.  Banyak inspirasi yang bisa kita peroleh.

-    Membaca buku sastra
-    Pengalaman pribadi
-    Perjalanan hidup orang lain
-    Melihat alam sekitar
-    Ketika sedang jatuh cinta
-    Ketika sedang putus cinta
-    Dll.

Jika itu kita tuangkan dalam kata-kata insya Allah bisa tercipta sebuah karya yang bermakna

2. Memilih kata

Kejelian Anda dalam memilih kata dalam puisi patut diasah. Bait yang beraturan, sebab akibat, dll.

3. Hindari kebisingan

Karena sebagian puisi cinta itu mewakili jiwa maka kalau kamu ingin menulis cari tempat yang aman dari ganguan-gangguan, misal kamu bisa menulis saat malam hari, saat Be Te, Saat merenung di kamar.

Any way.. menulis puisi cinta itu mudah, tinggal kamu mengolahnya denga polesan kata Indah.

Mari berkarya
Tag : Puisi
Puisi dan Kisah. Powered by Blogger.
Back To Top